Menjaga kebersihan organ vital wanita penting untuk dilakukan, apalagi jika mereka telah mengalami kehidupan seksual secara aktif

Beragam produk pembersih dijual bebas di pasaran. Menggunakan cairan pembersih boleh dilakukan akan tetapi jangan berlebihan, akan dapat mengganggu keseimbangan ph vagina, sebaiknya gunakan cairan yang bersifat netral.
Hindari pakaian dalam yang ketat, berbahan tidak menyerap keringat.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa stroke merupakan penyakit yang hanya terjadi pada orang tua. Dahulu memang demikian. Tapi sekarang, usia muda juga tak lepas dari intaian penyakit berbahaya tersebut.

Stroke di usia muda memang terus menjadi misteri, lantaran gejalanya yang sulit dideteksi. Keadaan ini menjadi semakin buruk, karena banyak usia muda yang masih belum mengetahui cara untuk mencegahnya.

Stroke adalah kelainan saraf yang sifatnya mendadak, dimana kelainan saraf yang muncul sesuai dengan daerah atau bagian mana dari otak yang terganggu. Gejala stroke tidak harus dan tidak hanya berupa kelemahan atau kelumpuhan satu sisi saja, melainkan dapat timbul dalam bentuk lain seperti kebutaan pada salah satu mata, afasia (tidak bisa berbicara atau sulit mengungkapkan kata-kata atau tidak bisa berkomunikasi) atau kelumpuhan dari keempat anggota badan. Semuanya ini bergantung kepada daerah atau bagian mana dari otak yang terganggu.

Oleh : dr. Muh. Haris, Sp. JP

Penyakit serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, para ahli kesehatan menyatakan bahwa serangan jantung merupakan penyakit paling mematikan nomor satu di dunia. Serangan jantung juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Lebih menakutkan lagi, anak-anak muda juga tak luput dari serangan jantung ini.

Gambar terkait

Faktor yang mempengaruhi resiko penyakit jantung :

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan : kelebihan berat badan sangat tidak baik untuk kesehatan.
  2. Pola makan tidak sehat : Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  3. Merokok : Kandungan yang terdapat pada rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.
  4. Usia : Risiko serangan jantung meningkat seiring bertambahnya usia. Pria berisiko tinggi mengalami serangan jantung setelah usia 45 tahun, dan wanita berisiko tinggi mengalami serangan jantung setelah usia 55 tahun.
  5. Faktor keturunan : Faktor yang sangat tinggi dari keluarga yang dapat meningkatkan serangan jantung.
  6. Memiliki tekanan darah tinggi : Tekanan darah normal adalah di bawah 140/80 mmHg tergantung usia. Memiliki tekanan darah tinggi akan merusak arteri dan mempercepat penumpukan plak.
  7. Stress : Kondisi stress seseorang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.
  8. Olahraga berlebihan.
  9. Penggunaan obat-obatan illegal, dan alkohol

Halaman 1 dari 4

Copyright © 2017 RS. Karya Bhakti Pratiwi. All Rights Reserved.